Tidak semua investasi harus dengan uang! Contohnya adalah berinvestasi pada diri sendiri. Investasi pada diri sendiri adalah salah satu “return” investasi terbaik yang dapat kamu miliki! Hal ini merupakan bentuk cinta kita pada diri sendiri.

Berinvestasi pada diri sendiri seperti mengirimkan pesan yang kuat kepada diri kamu dan dunia. Pesannya adalah:


“Nilai dan potensi yang aku miliki itu penting sehingga aku akan memberinya energi, ruang, dan waktu untuk tumbuh dan menciptakan hasil.”

Lalu, bagaimana caranya untuk mulai berinvestasi pada diri sendiri?

1. Set Goals.

Tetapkan tujuan kamu dan pelajari cara menetapkan tujuan pribadi dan bisnis untuk diri kamu sendiri. Tujuanmu harus cerdas: spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.

2. Hormati intuisimu.

Percayai naluri kamu dan hargai pesan yang dikirimkannya. Mendengarkan intuisimu akan memungkinkan kamu membuat keputusan yang lebih baik

3. Investasikan waktu untuk kreativitas.

Kreativitas kita tidak harus berkurang seiring bertambahnya usia. Faktanya, diyakini bahwa puncak kreativitas pada kebanyakan orang berusia sekitar 30-40 tahun. 

 

 

4. Berinvestasilah untuk membangun kepercayaan dirimu!
Belajarlah untuk memiliki keberanian untuk mengungkapkan kebenaranmu. Semakin kamu mencintai diri sendiri dan percaya akan nilai yang kamu tawarkan, semakin percaya diri kamu dalam membagikannya kepada orang lain.

5. Membaca buku pengetahuan.

Buku atau buku audio adalah sumber daya yang luar biasa untuk membangun pengetahuan dan keahlian di bidang apa pun.

6. Hadiri seminar dan lokakarya untuk memperluas pengetahuan dan keterampilanmu dalam bisnis dan/atau kehidupan pribadimu.

7. Jaga kesehatan.

Makan dengan benar setiap hari, isi tubuhmu dengan nutrisi. Mulailah olahraga setiap hari.

8. Pilih untuk bahagia.

Kebahagiaan adalah pilihan. Orang yang bahagia memilih untuk fokus pada aspek positif kehidupan, daripada negatif.

9. Kerjakan “daftar keinginan” mu.

Kalau kamu tidak memiliki daftar keinginan, inilah saat untuk memulainya. Daftar keinginan ini dimaksudkan sebagai daftar segala sesuatu yang ingin kamu capai, lakukan, lihat, rasakan, dan alami dalam hidupmu.

 

10. Carilah life coach untuk hidupmu.

Life coach dapat membantu kamu menerapkan semua strategi ini ke dalam tindakan. Tugas mereka adalah membantu kamu membuat dan menerapkan rencana suksesmu, sehingga kamu bisa menjadi yang terbaik.

sumber: huffpost.com