Mengingat tanggal 8 Maret adalah hari perempuan internasional, kali ini TaniFund akan membahas tentang peran perempuan dalam sektor pertanian!

Kata siapa bertani hanya pekerjaan lelaki? Perempuan juga bisa melakukan pekerjaan bertani. Kamu sudah tau belum kalau ternyata 40% dari aktivitas pertanian di Indonesia dijalankan oleh perempuan? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah petani perempuan di Indonesia pada tahun 2019 tercatat sebanyak 8.051.328 jiwa. Pastinya di tahun 2021 jumlah petani perempuan di Indonesia juga semakin meningkat.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya untuk menjadikan sektor pertanian menjadi sektor yang ramah bagi perempuan pekerja. Tujuan Kementan mengupayakan hal tersebut adalah untuk mengangkat peran dan derajat kaum perempuan yang bekerja pada sektor pertanian.

Petani perempuan dianggap sebagai ibu kedaulatan pangan karena perannya yang cukup besar dalam mengelola lahan pertanian, merawat tanaman sampai kepada tanggung jawab untuk ketersediaan pangan keluarga.

Petani perempuan patut diapresiasi setinggi-tingginya karena kehadiran mereka mampu meningkatkan produktivitas pertanian nusantara. Semakin banyak petani perempuan maka semakin banyak pula hasil panen yang akan didapatkan.

Sebagai dukungan dalam memberdayakan perempuan dalam sektor pertanian, TaniFund bekerjasama dengan beberapa petani perempuan.

Salah satu mitra TaniFund yaitu Srikandi Farm merupakan kelompok tani yang beranggotakan 5 orang perempuan tangguh yang bekerja keras dalam melakukan budidaya ayam petelur agar masyarakat Indonesia dapat terpenuhi kandungan protein dan vitamin dari telur ayam.


Sama seperti wanita karir umumnya, petani perempuan juga bekerja demi memastikan seluruh kebutuhan keluarga dapat terpenuhi dengan layak. Apabila kesejahteraan keluarga terjamin, maka taraf hidup pun bisa meningkat dan kondisi finansial menjadi lebih baik.

Kehadiran petani perempuan menjadi bukti kekuatan wanita. Untuk itu, sudah sepatutnya kita dapat menghargai keberadaan petani perempuan yang sangat tangguh menghadapi terik matahari di lahan.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengapresiasi petani perempuan, salah satunya dengan memberi dukungan moral ataupun mendukung mereka melalui #PendanaanBerdampakSosial di TaniFund agar petani perempuan semakin berdaya.

Mulai daftar jadi lender dan bersama majukan pertanian Indonesia di
www.tanifund.com