Pada hari Selasa, 22 Juni 2021, TaniFund dan Pemuda Tani HKTI menandatangani Perjanjian Kerja Sama mengenai Program Pemberdayaan, Pembiayaan dan Pembinaan Pemuda Tani Indonesia. MoU ini merupakan langkah awal TaniFund untuk mulai ekspansi bisnis ke luar Pulau Jawa. Hal ini dilakukan untuk memperluas akses pembiayaan ke seluruh daerah di Indonesia bagi para petani dan pengusaha UMKM yang belum tersentuh lembaga keuangan formal.

Sebagai langkah awal atas akses permodalan proyek budidaya di luar pulau Jawa, TaniFund telah melakukan budidaya jagung pipil di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain proyek budidaya, terdapat juga proyek pembiayaan penjualan daging segar di Bali.

Selain itu, rencananya TaniFund juga akan mengembangkan bisnis ke beberapa daerah di luar pulau Jawa. Beberapa daerah yang dibidik ini meliputi NTB, Bali, Sulawesi, dan Sumatera. Ekspansi yang akan memberdayakan lebih dari 1.000 petani ini akan dilakukan secara bertahap mulai dari kuartal III di tahun 2021.

Eka Pamitra, Komisaris Utama TaniFund

Pamitra Wineka, selaku Komisaris Utama TaniFund mengatakan, “Dengan ekspansi ini, dukungan TaniFund terhadap kegiatan Pemuda Tani HKTI dapat meningkatkan perekonomian lokal dengan membantu pengelolaan berbagai komoditas unggulan dan sektor industri rumahan hingga pelosok daerah, sehingga inklusi keuangan dapat tercapai,” 

Dengan jaringan di berbagai provinsi di seluruh Indonesia, kolaborasi Pemuda Tani HKTI dengan TaniFund dapat menumbuhkan masa depan pertanian dan perekonomian Indonesia bersama-sama. Rina Sa’adah, Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, mengatakan, sektor pertanian merupakan comparative advantage dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pemuda Tani HKTI mengajak generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam transformasi pertanian dengan mengajak para pemuda untuk terjun ke pertanian dan melek digital, dan memiliki harapan bahwa menjadi petani itu adalah sesuatu yang luar biasa mulia.  Dalam masa pandemi ini, sektor pertanian justru tumbuh positif, sehingga diperlukan upaya nyata agar pertumbuhan tersebut terus konsisten dan memberikan dampak terhadap meningkatnya kesejahteraan para petani.

Rina Sa’adah, Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI

Rina Sa’adah juga mengatakan, “Pemuda Tani HKTI menjadi lokomotif penggerak untuk mengoptimalkan keunggulan ini, termasuk bersinergi dengan sektor pembiayaan. TaniFund menjadi mitra strategis, yang mempunyai visi yang sama untuk terus mendorong pengembangan sektor agro,”

Hingga 22 Juni 2021, TaniFund sudah menyalurkan pendanaan sebesar 283.87M melalui ratusan proyek dalam bidang pangan dan agrikultur. Semua ini tentunya juga berkat dukungan para lender seperti kamu. Mari bersama terus mendukung para petani dan pengusaha UMKM lokal demi membangun masa depan perekonomian Indonesia yang lebih baik! Daftar jadi lender sekarang dan mulai lakukan #PendanaanBerdampakSosial di www.tanifund.com