Rekening Dana Lender (RDL)

Sebagai P2P Lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), TaniFund akan menerapkan kebijakan T+2. Kebijakan T+2 mengenai regulasi penghimpunan dana masyarakat ini merupakan kebijakan yang mengatur dana mengendap yang hanya boleh disimpan maksimal 2 hari, selebihnya harus disalurkan langsung atau dikembalikan.

Maka dari itu, TaniFund bekerjasama dengan PT. Bank Nasional Indonesia Tbk (Bank BNI) menyediakan RDL untuk Anda, para lender kami. RDL ini tidak dapat digunakan selayaknya sistem bank konvensional, seperti penarikan tunai lewat mesin ATM. Fungsi RDL ini layaknya fungsi Rekening Dana Nasabah (RDN) yang digunakan dalam transaksi pasar modal.

Apa saja manfaat menggunakan RDL?

1. Memberikan kenyamanan dan keamanan lebih untuk Anda

RDL dibuat khusus atas nama Anda, sehingga Anda dapat dengan nyaman melakukan top-up langsung ke rekening milik Anda sendiri tanpa perlu melalui Virtual Account yang ditampung di rekening escrow TaniFund. Dana mengendap Anda yang tertampung di RDL ini dijamin keamanannya karena sudah termasuk dalam ketentuan penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang disediakan oleh Bank BNI.

2. Tidak terkena dampak auto-withdraw

RDL juga menanggulangi biaya auto-withdraw sebagai imbas dari ketentuan T+2 OJK. Jika tidak ada RDL, TaniFund harus menggunakan sistem auto-withdraw yang dapat menimbulkan biaya admin kepada Anda. Dengan adanya RDL, Anda tidak akan terkena dampak pemotongan biaya admin.

3. Rekening bebas biaya khusus untuk bertransaksi di P2P Lending TaniFund

RDL tidak memiliki biaya pembukaan rekening, setoran minimum, biaya admin maupun bunga.

Bagaimana cara membuka RDL?

Buka RDL secara online dengan mudah dan cepat, hanya kurang dari 5 menit!

  1. Pastikan Anda sudah melalui seluruh proses registrasi di TaniFund
  2. Klik “Pelajari lebih lanjut” di dashboard Anda
  3. Kenali RDL dan klik tombol “Buat Rekening Sekarang”
  4.  Jika Anda pengguna lama, lengkapi tambahan data diri yang diperlukan
  5. Tanda tangan dokumen pembukaan rekening secara digital
  6. Pengajuan Anda akan kami proses
  7. Cek email Anda, dan selamat! Pembukaan RDL Anda selesai! 

Berapa lama proses pembukaan RDL?

Proses verifikasi data dan pembukaan rekening akan berlangsung dalam waktu 1×24 jam. Anda akan mendapatkan email notifikasi jika RDL Anda sudah berhasil diproses, namun perlu dicatat bahwa RDL Anda belum tentu sudah aktif. Jika RDL Anda sudah aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi, maka Nomor Rekening Dana Lender akan muncul di bagian Dana pada dashboard profil akun Anda.

Kapan penggunaan RDL ini diwajibkan?

Penggunaan RDL ini akan diwajibkan dalam waktu dekat. Sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut, kami menghimbau kepada Anda untuk melakukan proses pembukaan RDL demi kenyamanan Anda dalam transisi penggunaan RDL ini. Jika Anda belum membuka RDL sampai dengan ketika penggunaan RDL sudah diwajibkan, Anda tidak dapat melakukan transaksi di TaniFund hingga Anda membuka RDL. Hanya kurang dari 5 menit, Anda dapat membuka RDL secara online dengan mudah di sini.

Siapa yang harus menggunakan RDL?

Semua lender yang terdaftar di platform P2P Lending TaniFund harus menggunakan RDL demi kenyamanan dan keamanan para lender.

Apakah proses top up dengan menggunakan bank lain akan dikenakan biaya?

Karena RDL yang TaniFund gunakan merupakan produk milik Bank BNI, maka proses top up dari bank lain akan terkena biaya transfer antar bank.

Apa tanda bahwa RDL saya sudah ada dan bisa digunakan? Bagaimana dengan nomor rekening sebelumnya yang saya gunakan untuk transfer dan withdraw dana TaniFund?

Jika RDL Anda sudah aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi, maka nomor Rekening Dana Lender akan muncul di bagian Dana pada dashboard profil akun Anda. Saat RDL sudah wajib digunakan, maka untuk melakukan top-up saldo Anda harus melakukan transfer ke RDL milik Anda sendiri. Untuk proses withdraw tidak ada perubahan, Anda bisa withdraw ke rekening bank pribadi Anda sendiri dengan proses pencairan yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Ada pertanyaan lebih lanjut?

Silahkan menghubungi Customer Service kami di info@tanifund.com.