Indonesia adalah negara agraris karena sektor pertanian memiliki peran penting. Sebagian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani karena sumber daya alam negeri ini yang melimpah.

Dengan dukungan lahan dan tanah yang subur, sektor pertanian di Indonesia terhitung sangat menjanjikan. Mengingat betapa pentingnya sektor pertanian di Indonesia, pemerintah melakukan pengembangan mulai dari pengolahan lahan, pemanfaatan bibit unggul dan mulai menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas pertanian sehingga mendapatkan hasil pertanian yang baik dan bermutu.

Sektor pertanian memiliki makna strategis dalam ekonomi Indonesia dan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan sektor pertanian memiliki kontribusi besar terhadap terbukanya lapangan pekerjaan. Sektor pertanian mampu mendorong masyarakat memiliki kehidupan layak dengan skala ekonomi yang meningkat.

Dalam segi ekonomi, sektor pertanian menjadi sektor penyelamat perekonomian nasional karena pertumbuhannya terhadap PDB kuartal II 2020 yang sangat tinggi, di tengah PDB nasional dan sektor lainnya yang justru turun. Pada kuartal II 2020, sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia dengan pencapaian 16,24% (q-to-q) dan secara year on year (y-o-y) sektor pertanian tetap berkontribusi positif, yakni tumbuh 2,19%.

Padahal, pandemi Covid-19 belum juga usai dan sejumlah sektor lain pun masih cenderung terpuruk di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang turun sampai 4,19% (q-to-q) dan 5,32% (y-o-y). (Sumber: Media Indonesia) Sektor pertanian memang mempunyai makna penting untuk Indonesia, mengingat negara kita adalah negara agraris yang menggantungkan sebagian besar perekonomian pada sektor pertanian.

Yuk, terus dukung sektor pertanian Indonesia melalui #PendanaanBerdampakSosial di TaniFund! Kunjungi www.tanifund.com dan mulai pendanaan mu sekarang!