Setiap tahun di bulan Maret, setiap individu yang memiliki NPWP wajib melaporkan penghasilan yang didapatkannya melalui Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Pelaporannya pun sangat mudah dan cepat karena bisa dilakukan secara online melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Bagi kita yang sudah terbiasa melaporkan pajak secara mandiri, pelaporan pajak tentu tidak sulit. Akan tetapi, banyak juga di antara kita yang masih melihat pelaporan pajak sebagai suatu hal yang merepotkan. Terlebih, ada banyak hal yang perlu dilaporkan, mulai dari penghasilan, potongan pajak, kekayaan, hingga aset yang dimiliki.

Di TaniFund, kami membantu Anda untuk melakukan pemotongan pajak atas pendapatan bunga yang Anda dapatkan dari melakukan pendanaan di www.tanifund.com. Bukti Potong Pajak pun dapat Anda akses di dashboard profil TaniFund Anda. Walaupun kami sudah memotong pajak Anda, sebagai lender Anda tetap berkewajiban untuk melaporkan pendanaan dan penghasilan yang Anda peroleh secara mandiri.

Tetapi tidak perlu bingung, karena TaniFund akan memberikan penjelasan tentang cara melaporkan pendanaan yang Anda lakukan di TaniFund. Simak caranya berikut ya!

Pelaporan Pajak Penghasilan < Rp 60.000.000 dalam Setahun

Jika Anda berpenghasilan dibawah Rp 60.000.000 dalam setahun, maka Anda perlu mengisi Form 1770 SS. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pembuatan SPT

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat formulir pelaporan yang dapat dibuka melalui link ini. Anda akan diarahkan untuk log in ke akun pelaporan pajak yang Anda miliki. Kemudian klik “Buat SPT” dan isi pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di layar. Di sisi kiri layar terdapat “Petunjuk Pengisian” yang dapat Anda jadikan panduan.

2. Melaporkan Nilai Pendanaan

Berikutnya, Anda dapat melaporkan nilai pendanaan Anda di TaniFund pada bagian “C. Daftar Harta dan Kewajiban > 11. Jumlah keseluruhan harta yang dimiliki pada Akhir Tahun Pajak.”. Di sini, Anda dapat menjumlahkan nilai aset di akun TaniFund Anda (termasuk dana tersedia) sampai dengan 31 Desember tahun pelaporan bersama dengan harta lain yang Anda miliki.