Peran Petani Bagi Kehidupan Kita Bangsa Indonesia

Peran petani bagi kehidupan kita tentu sangatlah besar. Kita sudah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara agraris karena memiliki tanah yang subur dan mendapatkan banyak sinar matahari hingga curah hujan yang tinggi. Namun, mengapa nampaknya menjadi petani bukanlah hal yang digemari dan rasanya tidak menguntungkan?

Dilansir melalui Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia  kuartal pertama dalam tahun 2021 menyatakan 63% pemasukan perekonomian berasal dari lapangan usaha seperti pertanian, pertambangan, industri, perdagangan hingga konstruksi. Namun, sejauh ini hanya sektor pertanian yang masih mengalami laju pertumbuhan yang positif sebesar 2,15%. Dengan adanya peningkatan ini, pemerintah berupaya untuk memperkuat seluruh stakeholder untuk mendorong ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. 

Namun tanpa kita sadari, tingkat kemiskinan masih terpusat di pedesaan terutama pada sektor pertanian. BPS menemukan ada sebanyak 46.3% masyarakat yang termasuk dalam rumah tangga miskin sejak tahun 2020 lalu. Minimnya produktivitas para petani di pedesaan, khususnya pada era teknologi, dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Seharusnya para petani bisa meningkatkan skala produksinya lebih baik dengan hadirnya teknologi dan informasi yang terpadu. Generasi muda pun dapat turut mendorong penyerapan teknologi dan informasi ini sebagai agen perubahan, bersama bersinergi membangun dan membantu petani Indonesia. Ada baiknya kita menyadari betul betapa pentingnya sektor pertanian bagi bangsa kita. Yuk, kenali dulu apa saja  peranan petani bagi kehidupan bangsa Indonesia dan apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan kesejahteraan para petani dan kemajuan negeri kita!

Apa Peranan Petani Bagi Kehidupan Kita Bangsa Indonesia?

Melihat sektor pangan dan pertanian yang cukup meningkat dan mampu menopang perekonomian Indonesia di era pandemi ini, ada banyak hal yang perlu kita sadari akan peran para petani sebagai garda terdepan ketahanan pangan Indonesia. Yuk, simak peranan para petani untuk kehidupan kita.

1. Membangun Ekonomi Indonesia 

Pertanian ternyata ikut andil dalam memajukan perekonomian Indonesia. Dilansir melalui Kompas pada Mei 2021 lalu, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani menyatakan bahwa sektor pertanian Indonesia bisa menjadi salah satu instrumen pemulihan perekonomian Indonesia. 

Beliau melihat adanya pergerakan positif yang signifikan pada sektor pertanian dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir, yaitu sebesar 3-4% dan terus bertumbuh positif walaupun di masa pandemi. Saat ini, Indonesia sedang mempersiapkan sektor produktif ini khususnya dalam membangun ketahanan pangan agar dapat lebih siap dalam menghadapi ancaman krisis pangan global.

2. Ketahanan Pangan Indonesia 

Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, ketahanan pangan Indonesia akan terus meningkat jika seluruh rakyat Indonesia dapat mendukung produktivitas para petani. Dengan adanya akses permodalan, petani dapat menjadi lebih produktif dari waktu ke waktu. Anda dan kita semua tentunya dapat berkontribusi melakukan pendanaan bagi para petani dan pengusaha pangan di Indonesia melalui TaniFund. Ingin mencoba mendanai? Bisa daftar sebagai pendana di sini.

3. Meningkatkan Pendapatan Nasional 

Dengan meningkatnya sektor pertanian di Indonesia dan kemampuan para petani yang dapat menghasilkan hasil yang berkualitas, tentunya pendapatan nasional pun dapat menjadi lebih baik. Adanya perkembangan ini beriringan dengan dibutuhkannya manajemen yang lebih efektif dalam mengelola sektor pertanian dari hulu ke hilir.

Pengelolaan ini dimulai dari akses permodalan, alokasi permintaan, penggunaan bibit dan bahan yang unggul, pengolahan hasil tani, proses pengembangan sektor, hingga penyerapan pasar. Integrasi dari hulu ke hilir, seperti yang dimiliki oleh TaniHub Group, tentunya dapat meningkatkan potensi ekspor ke berbagai pasar di seluruh dunia.

4. Menjaga Ekosistem Lingkungan

Budidaya pertanian organik saat ini dinilai memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan. Penggunaan bahan kimia dalam budidaya memang membuat proses menjadi lebih instan, namun hal ini memberikan pengaruh buruk bagi biota yang ada pada lingkungan tersebut.

Walaupun hama akan mati, ada kemungkinan jenis strain lainnya akan bermunculan dan justru dapat mematikan tanaman lainnya. Agar ekosistem lingkungan tetap terjaga dengan baik, maka para petani membutuhkan modal dan tenaga kerja untuk membuat berbagai pendekatan organik. Modal kerja memang menjadi pemicu produktivitas hasil pertanian dan kelangsungan ekosistem lingkungan Indonesia.

5. Mengurangi Pengangguran

Indonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas, inilah yang membuat sektor pertanian menjadi sektor yang paling banyak menyerap SDM. Hanya saja, sering sekali kendala utama yang dialami oleh para petani adalah akses permodalan untuk dapat memenuhi berbagai modal kerja seperti membayar tenaga kerja. Jika saja permodalan mereka cukup, tentunya dampak berkelanjutan yang dapat kita lihat adalah tingkat pengangguran dan kemiskinan dapat berkurang.

TaniFund, Solusi Permodalan Bagi Petani dan Pengusaha Pangan

TaniFund adalah platform peer-to-peer (P2P) lending yang berfokus pada industri agrikultur di Indonesia. Dengan adanya TaniFund, Anda dapat membantu para petani dan pengusaha pangan lokal melalui pinjaman modal produktif dengan risiko terukur. TaniFund percaya dengan modal yang diberikan dapat membantu membebaskan para petani Indonesia dari kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan para petani, serta mendukung ketahanan pangan negeri kita.

Misi sosial ini tentunya tidak hanya berdampak baik untuk para petani dan pengusaha pangan, Anda pun juga turut dapat merasakan dampak baiknya melalui pendanaan di TaniFund dan mendapatkan pengembalian hingga 18% p.a. pada berbagai proyek yang Anda danai.

Transparansi alokasi dana dan detail proyek terlampir pada prospektus yang dapat diakses pada halaman proyek yang ingin Anda danai. Anda juga dapat melihat langsung estimasi jumlah pengembalian modal sehingga dapat membantu Anda untuk merencanakan alokasi modal Anda. Detail proyek yang disediakan dapat menjadi tolak ukur pemilihan pendanaan Anda agar dapat mendanai secara lebih objektif.

Potensi Perkembangan Pesat Di Masa Depan

TaniFund dengan teknologi platform P2P lending menyediakan berbagai macam pendanaan untuk para petani dan pengusaha pangan lokal tak terbatas dari mana saja. Dengan adanya akses permodalan ini, pertanian Indonesia dapat terus berkembang menjadi lebih baik dan produktif.

Pembagian manfaat hasil panen akan dituai bersama antara Anda sebagai pendana, petani sebagai pekerja lapangan dan TaniFund sebagai platform P2P lending. Simulasi penyaluran modal dan pengembalian bunga dapat Anda coba pada halaman proyek yang Anda ingin danai. Dengan ini, Anda dapat merasakan hasil usaha pertanian tanpa harus turun ke lapangan untuk bertani. Menarik bukan?

Dengan adanya kalkulator simulasi pendanaan, Anda dapat menyalurkan pendanaan secara lebih terukur dimana Anda dapat melihat prediksi hasil yang akan diterima. Namun perlu dicatat, estimasi hasil usaha dapat berubah dikarenakan berbagai faktor eksternal yang tidak bisa diprediksi (untuk mempelajari lebih lanjut mengenai risiko pendanaan, silahkan baca artikel Pendanaan Lebih Tenang dengan Risiko yang Terukur Bersama TaniFund). Sehingga, Anda harus mempertimbangkan dan menganalisa berbagai aspek dalam pendanaan yang Anda lakukan.

Sekarang, siapapun dapat berkontribusi untuk kemajuan pertanian Indonesia, termasuk kemajuan finansial setiap individu. Mari lanjutkan momentum inklusi keuangan di negeri ini dan bersama-sama menjadi pejuang penerus ketahanan pangan di Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi? #AdaDampakUntukSeMUa